UNICEF puji pengesahan kesepakatan perdagangan senjata

unicef, selasa (2/4), menyambut menarik pengesahan kesepakatan perdagangan senjata (att) dengan sidang majelis umum pbb sebagai cara bermanfaat ke arah perlindungan anak-anak melalui pengaturan penyerahan senjata daripada Satu negara ke negara lain.

kurangnya pengawasan global yang konsisten tentang perdagangan senjata sudah memungkinkan senjata disalah-gunakan di skala besar, makanya mengakibatkan pembunuhan dan membuat-cacatnya banyak penduduk sipil, kata unicef pada siaran pers dan dikeluarkan selama markas pbb, new york.

kenyataan kiranya kesepakatan tersebut memesan rujukan khusus terhadap anak kecil serta hawa amat membesarkan hati, tutur susan bissel, kepala unicef urusan perlindungan putri di new york.

sidang majelis umum dan mempunyai 193 anggota sudah menyetujui kesepakatan perdagangan senjata global --yang gagal mencapai dukungan bulat pekan sebelumnya-- tapi membeli dukungan kebanyakan negara anggota ketika diajukan agar pemungutan suara di selasa.

Informasi Lainnya:

kesepakatan tersebut memenage perdagangan senjata internasional yang bernilai miliaran dolar as.

kesepakatan perdagangan senjata meminta semua negara agar dengan terbuka mempertimbangkan risiko kiranya pengalihan senjata bisa memudahkan tindakan kekerasan serius terhadap wanita serta anak-anak sebelum mengizinkannya dilanjutkan, tutur susan bissel sebagaimana dilaporkan xinhua, rabu malam.

itu berguna mengingat senjata sekarang adalah salah Satu penyebab utama kematian anak-anak dan remaja di banyak negara, tergolong banyak orang dan tak mengalami perang.

kekerasan bersenjata, menurut catatan pbb, menewaskan lebih dari setengah juta pihak semua tahun, tergolong 66.000 hawa anak juga hawa.

selain tersebut, diantara 2000 dan 2010, hampir 800 pekerja kemanusiaan tewas dalam serangan bersenjata juga sebanyak 689 pihak dulu cedera, tutur kantor pbb urusan perlucutan senjata.

kekerasan bersenjata dan pengalaman perorangan juga kelompok sangat berbeda sesuai melalui usia serta jenis kelamin. kerap, anak-anak bukan cuma adalah korban juga saksi mata kekerasan bersenjata, tapi mereka dan mungkin berubah menjadi pelaku kekerasan dan berkaitan dengan senjata.

anak-anak menanggung dampak langsung dan konsekuensi tak langsung daripada cedera pada diri mereka sendiri ataupun anggota keluarga mereka, tergolong pengusiran, kemiskinan juga berkurangnya akses ke pendidikan serta kesehatan.

tantangan sekarang mau berupa memesan kesepakatan tersebut berhasil, tutur bissel. ini merupakan upaya paling utama supaya membuat industri raksasa dengan jangkauan global, namun melalui dampak sampai ke warga paling kecil. berkat kepemimpinan pemerintah dan keterlibatan intensif warga sipil dan keluarga pbb, kita akhirnya memiliki kesepakatan perdagangan senjata.

setelah pengesahannya oleh sidang majelis publik pbb, kesepakatan tersebut mesti ditandatangani serta disahkan oleh sedikitnya 50 negara untuk bisa dilaksanakan, demikian xinhua melaporkan.