Kejaksaan Agung duga Susno masih di Jakarta

kejaksaan agung menduga mantan kabareskrim polri komjen pol (pur) susno duadji masih berada dalam seputar jakarta ataupun bandung dan keberadaannya masih terus ditelusuri.

kita memprediksi masih berada di bandung serta jakarta, kata jaksa agung muda intelijen (jamintel) adjat sudrajat selama jakarta, senin.

ia menegaskan pihaknya hingga sekarang masih mengerjakan penelusuran kehadiran mantan petinggi polri tersebut.

di pihak lain, jamintel juga menungkapkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan imigrasi seiring status susno ketika ini ditetapkan dijadikan pihak dan diburu ataupun masuk pada mendaftar pencarian pihak (dpo).

Informasi Lainnya:

kita telah berkoordinasi melalui imigrasi, katanya.

soal pencegahan berpergian ke luar negeri, tutur dia, pencegahan sudah diselenggarakan dari perkara susno duadji selama tingkat penyidikan dan penuntutan.

kejagung sudah menyampaikan mantan kabareskrim komjen pol (pur) susno duadji sudah dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang (dpo), sesudah kegagalan upaya eksekusi dalam pekan kemarin selama bandung.

penetapan dpo tersebut menurut surat kejari jaksel no.b-1618/0.14/ft/04/2013 tanggal 26 april 2013 dan kejati dki jakarta no b.580/0.1/fuh.1/04/2013 tanggal 26 april 2013.

surat itu perihal bantuan pencarian atau menghadirkan secara paksa susno duadji. surat itu dikirim dengan berjenjang dari kejari jaksel ke polres metro jaksel, kejati dki ke polda metro jaya, kemudian, dari kejagung ri ke mabes polri serta diedarkan ke berbagai kejaksaan di indonesia.

sebelumnya pada rabu (25/4), tim jaksa gabungan kejaksaan negeri (kejari) jakarta selatan serta kejaksaan tinggi (kejati) dki jakarta gagal mengeksekusi susno dari kediamannya pada kompleks jalan pakar raya nomor 6 kelurahan ciburial, kecamatan cimenyan, kabupaten bandung, setelah mendapatkan perlawanan alot sampai akhirnya susno dibawa ke polda Jawa Barat sebab membayar perlindungan.

dalam upaya eksekusi selama kediaman susno tersebut, hadir yusril ihza mahendra. malahan satgas partai bulan bintang (pbb) yakni brigade hizbullah mengatakan siap mendampingi dan mengawal mantan kabareskrim itu. tetapi itu, puluhan polisi berada di kediaman susno supaya melakukan pengamanan supaya tak terjadi bentrokan.

pensiunan jenderal bintang tiga polri itu sudah tiga kali tak mengindahkan panggilan daripada jaksa eksekutor, serta hingga kini tak dikenal keberadaannya.

dalam putusan perkara nomor perkara 899 k/pid.sus/2012 tertanggal 22 november kemarin, ma menguatkan putusan pn jaksel juga pt dki jakarta, kiranya susno terbukti bersalah dalam pidana korupsi penanganan perkara pt salmah arowana lestari juga dana pengamanan pilkada jawa barat 2008.