India optimis sengketa dengan China bisa diselesaikan

perdana menteri india manmohan singh, sabtu, mengatakan ia yakin sengketa perbatasan menyangkut sebuah penampilan penyerbuan tentara china dapat diselesaikan, tutur kantor berita press trust of india (pti).

itu adalah Salah satu masalah daerah, kami yakin tersebut dapat diselesaikan, papar singh yang dikutip kantor berita itu sesudah tentara china dituduh memasuki daerah yang disengketakan di ladakh awal bulan ini.

india juga china memiliki Salah satu perbatasan yang disengketakan, dan hubungan mereka sering terganggu dari perang perbatasan tahun 1962. penyerbuan yang dituduh tersebut adalah Satu ketegangan baru diantara dua negara asia yang bertetangga itu.

pernyataan singh tersebut dikemukakan setelah menteri pertahanan india shashi kant sharma menyampaian Satu laporan mengenai insiden itu pada pengawas parlemen, jumat, dalam mana media lokal menyampaikan ia menuduh tentara china memasuki hampir 20 kilometer ke dalam wilayah yang diklaim adalah teritori india.

Informasi Lainnya:

pernyataan perdana menteri itu, pertama yang disampaikannya mengenai sengketa tersebut, mengulangi pernyataan-pernyataan kaum menteri pemerintah lainnya yang mengabaikan penyerbuan dalam bagian barat wilayah ladakh di kashmir yang dipelajari india serta menegaskan masalah itu dapat diselesaikan secara damai.

kami sudah memiliki Salah satu rencana, kami tak ingin memperbesar situasi tersebut, papar singh, tidak menjelaskan lebih jauh.

menurut para pejabat dalam new delhi, Salah satu peleton pasukan china mengembangkan Satu kamp selama dalam daerah india itu di 15 april.

menteri luar negeri india salman khurshid awal pekan ini mengumumkan ia akan bertolak ke china pada 8 mei, juga mengatakan kedua negara mempunyai kebutuhan bersama tak mengizinkan sengketa tersebut merusak hubungan sudah mengalami kemajuan selama waktu lama.

perundingan-perundingan tingkat perwira militer yang lebih rendah sejauh ini gagal keluar dari kemacetan di menyelesaikan sengketa tersebut.