Pangdam XVII Cendrawasih: perayaan 1 Mei dipusatkan di Sorong

perayaan 1 mei serta hari kembalinya papua ke pangkuan nkri (negara kesatuan republik indonesia) rencananya mau dipusatkan di wilayah sorong, papua barat. demikian diutarakan pangdam xvii/cenderawasih mayjen tni christian zebua terhadap wartawan, jumat dalam sentani.

seluruh papua diinginkan bisa merayakannya, ujar pangdam.

pangdam menunjukan perayaan 1 mei kali ini berpusat di sorong karena menurut sejarah, tentara indonesia mulai mengusir penjajah diawali pada wilayah sorong.

nah akhirnya diputuskan hendak dirayakan lumayan besar-besaran di sorong, tegasnya.

Informasi Lainnya:

ia mengatakan perayaan 1 mei pada sorong ini mau diselenggarakan oleh gubernur papua barat dan perangkatnya dibantu dengan jajaran tni.

bisa jadi tahun depan akan diadakan pula pada jayapura, tersebut tidak menutup kemungkinan, urainya.

pangdam menambahkan perayaan kembali papua ke pangkuan nkri ini ingin diselenggarakan secara bergantian di beberapa wilayah pada papua maupun selama papua barat.

perayaan kembalinya papua ke pangkuan nkri dan jatuh pada tanggal 1 mei itu, biasanya dari tahun ke tahun dirayakan secara besar-besaran oleh tni dibantu melalui pemerintah daerah setempat.

hal ini dibuat supaya masyarakat mengingat kembali jasa-jasa pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya agar merebut kemerdekaan yang ketika ini didatangi warga luas dalam bumi cenderawasih.