Mendikbud: belum tentu diterima peserta UN

mendikbud mohammad nuh menilai pengabaian hasil ujian nasional (un) 2013 agar sma dan sederajat yang diusulkan komisi x dpr belum pasti diterima audien un.

usulan tersebut kami terima, tapi hendak kami kaji. bayangkan manakala diabaikan, tentu 22 provinsi dan nggak banyak masalah dengan un hendak menolak, bahkan dan digeser pun menolak sebab punya harga diri, kata nuh selama konferensi pers usai dialog profil dokter gigi indonesia yang holistik serta membumi di surabaya, sabtu.

dpr boleh saja memberi input, tapi hal dan subtansial adalah kerahasiaan soal un, bukan soal serentak tidaknya. kalau tidak serentak, namun tak bocor ya masih sah, sebab tersebut kami tak mau juga merta mengabaikan hanya soal beda waktu, ujarnya.

kemarin anggota komisi x dpr ri reni marlinawati menyampaikan un 2013 tak sah karena tak dilaksanakan serentak. sebab selama uu dinyatakan bahwa un harus dilakukan serentak. tak bisa ada penundaan, katanya.

Informasi Lainnya:

nuh berjanji agar mengumumkan hasil investigasi penyebab gagalnya un serentak, minggu depan.

dia juga berjanji agar menjatuhkan sanksi kepada dan lalaii. uang percetakan soal un 2013 mencapai rp94 miliar dan ada kurang lebih rp22 miliar yang bermasalah, katanya.

dia mempersilakan bpk ataupun kpk mengerjakan penyelidikan. bukan kpk atau bpk yang masuk (menyelidiki), namun kami undang mereka untuk masuk, katanya.

nuh mendaku pelaksanaan un sma serta smp juga sederajat secara publik terselesaikan. bedakan diantara un melalui pelaksanaan un, karena un sudah banyak masalah dengan Salah satu percetakan, tapi pada jatim serta provinsi lain kan berjalan sebagaimana biasa, ujarnya.