Link and match jaring minat mahasiswa bekerja di Jerman

kbri berlin bekerja sama melalui messe munich serta verband deutscher maschinen- und anlagenbau e.v. (vdma-asosiasi industri mesin dan alat konstruksi jerman) menyelenggarakan acara link and match kepada mahasiswa indonesia dan kelompok masyarakat industri di jerman bertempat selama messe munich.

sekretaris dua kbri berlin, purno widodo pada antara london, jumat menyampaikan kegiatan ini digelar selama kaitan indonesia dibuat negara mitra bauma 2013 digelar agar menjembatani pemakaian industri jerman mau tenaga kerja dalam bidang engineering.

acara link and match dan juga sejalan dengan pemberdayaan diaspora indonesia dikuti 25 mahasiswa indonesia yang sedang mempelajari dalam jerman dihadiri managing director german construction equipment and building zat-zat machinery association, joachim schmid.

selain itu juga hadir kepala perencanaan kementerian esdm sujatmiko, ketua komite jerman, austria, swiss kadin indonesia/ketua perhimpunan alumni jerman ilham habibie dan atase pendidikan juga kebudayaan kbri berlin prof agus rubiyanto.

Informasi Lainnya:

sementara itu dubes ri-berlin dr. eddy pratomo menunjukan forum ini sengaja digagas agar menyerahkan kesempatan terhadap mahasiswa indonesia yang sedang menimba ilmu selama jerman agar menggali potensi masa depan melalui menjalin hubungan dengan langsung seluruh perusahaan internasional di bidang konstruksi dan pertambangan.

diharapkan pada gilirannya hendak mampu menampung dan mengembangkan keahliannya oleh karenanya dalam waktunya nanti akan berkontribusi pada pembangunan nasional indonesia.

sejalan melalui keuntungan tersebut mr joachim schmid mengatakan jerman serta siap supaya datang juga diajak berbicara untuk memberikan kontribusi dan Jawaban atas seluruh tantangan pembangunan di indonesia, bukan hanya cuma mengedepankan mesin-mesin berteknologi tinggi.

berbagai tantangan memang diakui kepala perencanaan, kementerian esdm sujatmiko masih adalah penghambat pembangunan nasional indonesia. tantangan utamanya merupakan infrastruktur.

untuk tersebut peran mahasiswa indonesia sangatlah bermanfaat, yaitu dijadikan agent of change dengan seluruh pengetahuan juga keterampilan yang sudah pasti hendak menjadi asset penting dalam pembangunan nasional.

selain menyerahkan pencerahan mengenai semua tantangan juga kesempatan yang banyak di indonesia pada acara link and match ini juga dilaksanakan pula guided tour ke perusahaan-perusahaan konstruksi serta permesinan jerman yang berpartisipasi dalam bauma semisal liebherr, komatsu, stetter, amman, wacker neuson, zf friedrichshafen, bauer, terex, putzmeister, serta geda.

pameran ini adalah yang paling besar selama dunia juga diselenggarakan tiga tahun sekali dalam arena pameran serta messe kota munchen pada tujuh hari. sebelumnya, selama tahun 2010, bauma diikuti 3.150 audien daripada 53 negara.

industri teknik mesin dan alat konstruksi machinen- und anlagenbau merupakan cabang industri terbesar pada jerman berdasarkan persentasi karyawannya. sementara omset, industri ini adalah nomor dua terbesar setelah industri mobil otomotif.

pada tahun 2011, lebih dari 900.000 orang bekerja di jenis teknik mesin juga alat-alat konstruksi. persentasi perusahaan yang bergerak pada bidang ini merupakan sebanyak 6.165.

dengan andil hampir sebesar 10 persen daripada dana penelitian juga pengembangan untuk perekonomian, industri teknik mesin merupakan salah Satu cabang industri terkuat di jerman selain industri kendaraan, elektronik, farmasi dan kimia.

pada tahun 2010, dana yang dikucurkan agar pengembangan teknologi berinovasi dalam industri mesin merupakan sebesar 11,8 milyar euro. bauma merupakan pameran khusus perdagangan (trade fair) untuk mesin-mesin konstruksi, mesin berat dan ringan agar pembangunan, pertambangan, dan alat-alat transportasi-logistik.

sedangkan dalam tahun 2007 diikuti oleh 3.002 peserta daripada 48 negara. pengunjung dan datang ke pameran bauma adalah kurang lebih 500.000 pihak dari 200 negara, yang 35 persen selama antaranya pengunjung daripada luar jerman. penyelenggaraan bauma diperluas melalui china dan diselenggarakan dua tahun pilihan pada shanghai.