SDN 05 Cilaku, Bogor, yang merana

gedung sekolah dasar negeri (sdn) 05 cilaku selama kecamatan tenjo, kabupaten bogor, jawa barat, yang dibangun tahun 1985 sekarang merana, kusam dan usang termakan usia.

atap kedua gedung sekolah yang terdiri atas enam ruang kelas juga Satu ruang guru tersebut bocor pada pilihan pihak, kosen-kosennya keropos, jendelanya bolong serta lantainya berlumpur saat hujan

kursi juga meja kayu belajar gaya berlalu selama ruang-ruang kelas terhadap sekitar 210 siswa sekolah itu tak dulu mulus, ada berlupang serta keropos dimakan rayap.

sdn 05 cilaku ini berdiri tahun 1985, dari berdiri bangunan yang kedua ini belum sudah direnovasi, bila bangunan dan pertama telah pernah namun sudah sangat berlalu, papar kepala sekolah sdn 05 cilaku, ruiyat.

Informasi Lainnya:

ruiyat menyampaikan, sehari-hari siswa mempelajari selama ruangan dan kondisinya tidak bisa disebut bagus itu.

ya kalau hujan airnya ngucur ke kelas, ujarnya mengenai atap Satu kelas dan berlubang.

sisa rembesan air hujan selama selasa masih terlihat selama lantai ruang kelas, persis dalam bawah atap yang bocor.

agar tak terjadi genangan tidak memenuhi ruangan, pengurus sekolah membeli celah kecil semisal lobang tikus di dinding kelas sebagai jalur keluar air.

selain tersebut pintu serta jendela ruang kelas empat, lima dan enam juga telah ada keropos sebab rayap. pilihan jendelanya tak berkaca lagi. beberapa bilah bambu dibuat supaya menutup jendela dan terbuka.

biar tidak ada dan masuk ke kelas di tutup seadanya, tutur ruiyat.

pintu melalui dua daun yang terbuat dari bahan triplek dalam ruang kelas empat serta lima berlubang selama beberapa bagian. pintu kedua ruang tersebut cuma mampu dikunci daripada di oleh karenanya hanya dapat dibuka daripada ruang kelas enam melalui mengangkatnya, karena engsel pintu telah tidak berfungsi.

lubang dalam pintu ruang kelas tiga lebih besar, makanya pintu cuma dapat dikunci dengan mengikatnya menggunakan tali.

kandang bebek dan sebulan kemarin dibangun warga dekat sekolah mencari anak-anak mesti mempelajari dengan bau tidak sedap kotoran bebek dan terbawa angin.

disebelah itu kadang bebek peking, banyak penduduk dan beternak bebek telah Satu bulan ini, ujarnya dulmaji, penjaga sekolah yang telah bekerja dari 2005.

menurut ruiyat, sekolah sudah berusaha meningkatkan kerusakan bangunan sekolah menggunakan dana uang operasional sekolah (bos) tapi dana dan lengkap tak cukup supaya memperbaiki semua kerusakan.

perbaikan cuma diselenggarakan sebisanya, diantara lain melalui menambal atap yang bocor.

untuk meningkatkan ini mesti dana dan besar. dana bos tak lumayan memperbaikinya, katanya.

sekolah, lanjut ruiyat, serta telah mencatat kondisi sekolah ke pemerintah kabupaten bogor dengan dinas pendidikan setempat.

informasinya perbaikan sekolah akan diselenggarakan pada tahun ini melalui dana dak, katanya.

menurut sekretaris kepala dinas studi kabupaten bogor, gada sembada, bangunan sdn 05 cilaku hendak segera diperbaiki mencari dana alokasi khusus (dak) pemerintah.

sdn 05 cilaku terdaftar pada penerima dana dak yang hendak direhabilitasi tahun ini, ujarnya.