Dua jenis pergerakan tanah di Majalengka

pusat vulkanologi serta mitagasi bencana geologi (pvmbg), badan geologi menyatakan banyak dua jenis longsoran dalam pergerakan tanah selama kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat, dan terjadi selama 15 april 2013.

ada dua jenis pergerakan tanah pada sini, pertama adalah bidang ialah bidang longsoran serta kedua ialah bidang gerakan tanah rayapan, tutur kepala pusat vulkanologi juga mitigasi bencana geologi surono, di bandung, surono, senin.

pergerakan tanah bidang longsoran tersebut, tutur surono, adalah longsoran dan menutup atau menimbun sawah seluas 6 hektar pada kawasan tebingnya pada kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat.

sementara agar pergerakan tanah jenis gerakan tanah rayapan terjadi dalam bawah tebing-tebingnya, ujarnya.

Informasi Lainnya:

ia mengatakan, pergerakan tanah rayapan ini mempunyai ciri-ciri gerakannya lambat berbeda dengan bidang longsoran.

menurut dia, pergerakan tanah jenis tanah rayapan ini juga terdapat dalam kawasan yang lain yakni selama hambalang, kabupaten bogor dan kilomter 97 tol cipularang.

surono mengungkapkan, kenapa dalam sana rentan pergerakan tanah sebab dalam kawasan tersebut terkandung jenis tanah lempung atau batuan formasi kaliwangi.

jadi dalam wilayah itu jika kena air, maka akan maka bubur makanya tanah bergerak. keuntungan ini diperparah dengan ada pertanian lahan basah semisal sawah juga kolam ikan, ujarnya.

dikatakannya, kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka tersebut tergolong ke pada zona pergerakan tanah menengah juga tinggi.

artinya daerah tersebut dapat terjadi pergerakan tanah terserah jika curah hujannya tinggi pada sana, katanya.