Ratusan TKI Jatim di Malaysia dipulangkan

ratusan tenaga kerja indonesia dalam malaysia yang dipulangkan secara paksa dengan terminal feri pasir gudang, johor bahru, menuju tanjung pinang, kepulauan riau, tiba selama beberapa daerah selama jawa timur, semisal kabupaten blitar, kamis (2/5).

manto (48) salah benar tki dan masih hingga di rumahnya pada desa wonorejo, kecamatan talun, kabupaten blitar, jumat menungkapkan, sekitar 300 tki diberangkatkan daripada johor bahru sabtu (27/4), sesudah sempat dinikmati dengan kepala badan nasional penempatan juga penanggulangan tenaga kerja indonesia (bnp2tki) jumhur hidayat.

saya telah 23 tahun bekerja serta berumahtangga selama malaysia, masih kali ini ditangkap aparat setempat melalui alasan surat izin kerja tak lengkap. setelah sempat ditahan bersama ratusan orang yang lain, kemudian memenuhi pemulangan paksa ini, katanya.

manto yang tiba bersama wawan (35), tki asal ponggok, blitar, menceritakan kiranya perjalanan kapal daripada johor bahru ke tanjung pinang membutuhkan waktu lebih daripada semalam.

Informasi Lainnya:

di tanjung pinang, ratusan tki tersebut beralih menumpang km sirimau serta tiba selama pelabuhan tanjung priok, jakarta, senin (29/4) siang. para tki kemudian diangkut mencari beberapa unit damri menuju pool bus itu selama kemayoran, jakarta.

perjalanan sebelumnya lumayan enak, makan juga terjamin, ternyata terlalu menumpang damri, kami mulai merasakan pelayanan yang kurang menyenangkan. kami telantar setengah hari di pool damri, dengan alasan belum banyak pembayaran bus. masih malam harinya dan lokasi surabaya diberangkatkan mencari empat unit damri, ujarnya.

menurut manto, sepanjang perjalanan sampai hingga selama kantor dinas tenaga kerja, transmigrasi juga kependudukan provinsi jawa timur di surabaya, rabu (1/5) sore, banyak tki yang turun juga oleh awak bus dipungut rp50.000. tapi ada tki menolaknya, bahkan ada dan menyewa terserah dengan paksa biaya pungutan itu.

demikian pula selama kantor dinas tenaga kerja, transmigrasi dan kependudukan provinsi jawa timur, kaum tki setelah diberikan makan juga biaya tiap-tiap rp40.000, sempat banyak oknum dan mengerjakan pungutan, tapi ditolaknya.

saya bersama ratusan tki itu kemudian diantar membeli bus ke terminal bungurasih agar membeli bus pas tujuan masing-masing, semisal ke madura, lombok, nusa tenggara barat dan ntt. kecuali lokasi kangean kepulangannya ditunda esok paginya, agar dapat menumpang kapal, ujarnya.

manto menambahkan, masih terdapat ratusan tki selama tempat penampungan di johor bahru yang menanti giliran pemulangan paksa lebih lanjut.